Mencoba berbicara tentang Metaverse by Meta


        

            Kemajuan teknologi sekarang sudah sungguh luar biasa, bagi orang yang pemahamannya yang amatiran seperti saya adza melihat teknologi sudah sangat-luar biasa cepat perkembangannya. Apalagi bagi orang yang awan banget tentang teknologi.

           Di kampung-kampung memahami belanja online di toko online adza masih seperti memahami berita yang belum jelas sumbernya. Masih dalam benak mereka “benar gak ya, apa dikirim gk pesananku nanti, nanti uangku hilang dsb…” Pemikiran tersebut bukan tanpa alasan sikh, karena mereka dibesarkan sebelum teknologi itu berkembang seperti sekarang ini. Belum lagi contoh kecil video-video yang yang bisa merubah wajah orang, menambah kepercayaan mereka sehingga menyebarlah hoax atas dasar ketidaktauan.

            Sekarang mungkin kita tidak boleh lagi berkata kita tinggal di kampung bukan di kota, kenapa? karena jaringan seluler dan Internet sudah hampir tersedia di seluruh Indonesia. Apa yang orang kota liat dan pelajari juga bisa diliat dan dipelajari oleh kita yang tinggal di desa. Informasi sudah sangat mudah sekali untuk didapatkan tidak lagi berjarak ruang dan waktu.

Metaverse by Meta (Facebook), merupakan teknologi yang mungkin akan membawa orang akan banyak hidup di dunia virtual. Bayangkan saja segala aktivitas, bermain, meeting dan sebagainya akan dilakukan virtual dengan Gerakan badan yang nyata. Dengan bantuan Oculus Virtual Reality miliknya, Orang nanti akan bisa bertemu dalam virtual dengan lebih hidup. Yang selama ini mungkin yang kita tau kacamata Virtual Reality (VR) hanya utk kita menikmati video 360’ atau interaksi ringan yang mana penggunannya sangat premature. Namun nanti Meta akan membangun sebuah dunia baru di dalam sana, mereka bahkan menyediakan apapaun layaknya di dunia nyata. Ada property-property yang bisa dibeli, ada tempat-tempat bisa dikunjungi dan itu tidak sendiri lagi. Itu sudah berinteraksi dengan orang lain.

Baru baru ini yang saya lihat di tiktok akun Resmi Meta sudah berhasil membuat kaos tangan yang mana Gerakan jaripun sudah bisa ditransfer secara virtual persis 99%. Bayangkan jika mereka membuat pakaian untuk seluruh anggota Badan seperti itu. Serasa kita bisa hidup dalam 2 bahkan 5 dunia hehe. Dari kecanggihan tersebut tentu ada dampat positif yang luar biasa. Contohnya di masa pandemic seperti ini, bekerja bukan lagi seperti kita Zoom berhadapan layar lagi tapi sudah lebih ke Gerakan dan instruksi yang nyata. Orang-orang yang berjauhan sudah bisa bertemu di Virtual bisa jalan2 bersama, aktivitas bermain tanpa harus keluar rumah dan banyak lagi. Namun apakah tidak ada dampak Negative? Banyak juga pastinya..!!, Selain masalah data pribadi yang di mana-mana berpeluang bocor ada aktivitas lain yang mungkin pembaca bisa memahami sendiri.

Hmm …namun tulisan ini, hanya memprediksi bagaimana perkembangan teknologi kedepannya, Bisa saja jadi benar bisa juga tidak. Tapi tentu sangat diharapkan khususnya orang-orang yang generasi 80an dst seperti saya ini bisa terus belajar tentang teknologi beserta perkembangannya. Karena yang akan banyak menjalaninya adalah anak-anak kita generasi-terbaik bangsa ini. Mengontrol dan mendidik anak dunia nyata mungkin sudah biasa tapi mampu mendidik dan mengarahkan anak selalu di sisi positif hidup dalam kemajuan teknologi virtual nanti. Itu boleh kita katakan luar biasa….

           

 

Comments